Breaking News
recent

RESUME EVALUASI WEBSITE JobsDBTM Mobile Dengan Metode USABILITY HEURISTIC


RESUME EVALUASI WEBSITE JobsDBTM Mobile Dengan Metode USABILITY HEURISTIC
Ahmad Akbar Mariuddin 14102004
Putu Susi Oktaviani 14102034
Ros Novia Citra Devi 14102038

1,2,3Jurusan Informatika, Sekolah Tinggi Teknologi Telematika Telkom Purwokerto
Jl. D.I. Panjaitan No. 128, Purwokerto, Jawa Tengah, Indonesia

Abstrak
Pada saat ini sangat pesat sekali mobile website berkembang di dunia internet sehingga diperkirakan mobile website menjadi kebutuhan primer untuk setiap orang yang ada di seluruh dunia. Dengan ini sangat memberikan kesempatan yang sangat besar untuk berbisnis bagi penyedia lowongan pekerjaan contohnya seperti JobsDBTM  yaitu salah satu situs terkemuka dalam lowongan pekerjaan. Keberhasilannya tersebut dapat dilihat dari banyaknya jumlah pengguna situs tersebut dalam mencari pekerjaan. Situs-situs web yang paling banyak digunakan biasanya karena kumudahan dan kenyamanannnya saat digunakan. Banyak sekali metode untuk mengukur hal ini namun yang akan dibahas di paper ini ialah evaluasi heuristic. Dalam resume paper ini hanya akan membahas beberapa kelebihan dan kekurangan dari mobile website dari JobsDBTM dengan menggunakan evaluasi heuristic.
Kata Kunci : Evaluasi Heuristik, Lowongan pekerjaan, Usability, situs web

PENDAHULUAN
            WWW atau World Wide Web yang telah banyak memberikan dampak yang begitu besar pada jumlah pengaksesan informasi yang ada di internet. Saat ini setiap hari orang berinteraksi dengan banyak situs web. Namun kebanyakan dari mereka tidak mempertimbangkan kenyamanannya karena hanya berfokus dengan informasi yang ada di dalamnya. Akibat hal ini banyak developer kurang memperhatikannya dalam mebangun sebuah website.
            Ada beberapa alasan yaitu pertama teknik interaksi terhadap penggunanya seperti klik, kli sangat mudah dilakukan namun kita tidak mengetahui apa saja yang harus di klik pada suatu website. Yang kedua yaitu hypertext-link, tidak ada teknik interaksi untuk ini agar memudahkan menghubungkan beberapa artikel/menu pada sebuah website. Menu pull-down pun juga sangat sering digunakan. Dengan adanya beberapa navigasi yang tidak diketahui fungsinya akan sangat menyusahkan penggunanya untuk mendapatkan halaman lain walaupun dari segi desain web sudah sangat bagus tetapi tetap saja tidak dapat mengatasinya. Yang keempat yaitu adanya pengalaman yang tidak menyenangkan dan tidak nyaman dari pengguna (Ridwan, 2007)
            Evaluasi heuristic merupakan salash satu metode yang sering digunakan untuk mengukur tingkat kenyamanan suatu website untuk penggunanya atau Interaksi Manusia Komputer (IMK). Evaluasi ini dikenalkan oleh Nielsen dan Molich pada tahun 1990. Tujuannya yaitu mengidentifikasi masalah yang terkait dengan desain antarmuka website . Mereka mengembangkan metode ini berdasarkan sabagai pengajar dan konsultan dalam hal teknik kenyamanan pengguna sebuah website.
            Berdasarkan dari definisi Nielsen, tingkat kenyamanan dari pengguna sebuah website mengacu pada :
-         Learn ability, yaitu kemudahan sesorang dalam mempelajari sebuah fungsi dan perilaku system.
-         Efficency, yaitu sebuah tingkat produktivitas yang telah dicapai setelah pengguna mempelajari sebuah system.
-         Memorability, yaitu kemudahan seorang pengguna dalam mengingat sebuah fungsionalitas dari system, sehingga seorang pengguna dapat melakuka pengaksesan kembali system setelah lama tidak menggunakannya, tanpa harus mempelajari  lagi.
-         Few errors, yaitu kemampuan dari system untuk menampilkan sebuah tingkat kesalahan yang kecil dengan ini dapat membantu seorang pengguna bila melakukan sebuah kesalahan kecil.
-         User’s satisfaction, yaitu sebuah tolak ukur dimana seorang pengguna merasa nyaman dalam menggunakan sebuah system.
Untuk mengevaluasi sebuah situs web, kelima kriteria yang ada di atas dapat disempurnakan hingga menjadi sepuluh prinsip umum yang dapat disebut dengan prinsip heuristic. Dengan menggunakan prinsip ini, akan sangant mudah digunakan karena praktis dari pedoman usability.
Pada paper ini membahas tentang keunggulan dan kelemahan dari design interface situs mobile JobsDBTM dengan cara menggunakan evaluasi heuristik.

METODE PENELITIAN
            Untuk melakukan metode ini terlebih dahulu dilakukan studi literature tentang metode Interaksi antara manusia dengan komputer dan metode Usability Heurestic.  Metode heurestic ini sangat banyak digunakan dalam mengukur suatu tingkat kenyamanan dari pengguna website.
            Setelah itu ialah dilakukan sebuah penilaian terhadap situs JobsDBTM Mobile berdasarkan prinsip heuristic yaitu dengan aspek desain antarmuka.

            HASIL DAN PEMBAHASAN
            10 prinsip dalam melakukan evaluasi yaitu :
-         Visibility of System Status, yaitu dalam sebuah system seharusnya adanya informasi untuk penggunanya tentang apa saja yang sedang terjadi saat itu.
-         Match between System and the Real World, yaitu pada sebuah system harus menggunakan suatu bahasa yang dapat dimengerti oleh penggunanya.
-         User Control and Freedom, yaitu adanya sebuah “pintu darurat” bagi seorang pengguna situs web bila telah melakukan tautan yang tidak diinginkan tanpa merumitkannya.
-         Consistency and Standars, yaitu system yang dibuat tidak membingungkan penggunanya baik dari kata, perilaku dan situasi yang berbeda dapat berarti hal yang sama.
-         Error Prevention, karena pada JobsDBTM Mobile menggunakan sebuah combo box saat melakukan pemilihan kategori pekerjaan tetapi kesalahan yang dimiliki yaitu saat memilih pilihan keyword contohnya saat memilih manger bukannya manager, system tidak akan mengoreksinya.
-         Recognition Rather than Recall, yaitu penggunanya tidak harus mengingat suatu informasi dari sebuah dialog ke bagian-bagian lainnya. Instruksi yang ada harusnya sangat jelas dan juga nantinya dapat diperbaiki.
-         Flexibility and Efficency of Use, Pada JobsDBTM Mobile tidak adanya fungsi dan sebuah sistem yang berbeda antar pengguna.
-         Aestheric and Minimalist Design, yaitu pada sebuah dialog tidak boleh adanya sebuah konten atau sebuah informasi yang dibutuhkan dan tidak relevan. Untuk pada setiap komponen harusnya mengandung sebuah arti dan sebuah fungsi yang sesuai dengan keperluan sebuah website.
-         Help Users Recognize, Diagnose, and Recover from Errors, yaitu sebuah pesan kesalahan yang harus ditampilkan yaitu berupa bahasa yang mudah dimengerti oleh pengguna website (bukan berupa kode program yang susah dimengerti oleh orang-orang biasa).

-         Help and Documentation, yaitu dengan adanya sebuah menu bantuan atau help karena hal ini sangat dibutuhkan seorang pengguna sebagai sebuah pedoman untuk menggunakan sebuah situs web atau aplikasi. Pada JobsDBTM tidak menggunakan atau menyediakan menu ini.
Septiceeye2

Septiceeye2

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.